Revit Architecture

Wall Sweeps and Reveals

Wall Sweep.

Gunakan tool Sweep untuk menambahkan baseboard, ornamen, atau jenis dekoratif horizontal atau vertikal pada dinding.

Buka tampilan 3D atau elevation view yang berisi dinding yang ingin Anda tambahkan Sweep.

Click Architecture tab > build panel > wall drop-down >  (Wall: Sweep). 

Pada Properties Panel > Edit Type > Construction > Profile. Defaultnya profile yang ada pada daftar hanya seperti pada gambar dibawah. Jika ingin menambahkan jenis profile yang berbeda, Anda dapat membuat sendiri familynya dengan nama templatenya “Metric Profile”.

Setelah Anda memilih wall sweep, letakkan kursor pada permukaan dinding lalu lihat dibawah contextual tab (Modify | Place Wall Sweep) pilih orientasi wall sweep Anda “Horizontal atau Vertical” lalu click untuk menempatkannya. Jika Anda ingin melanjutkan membuat wall sweep lebih dari satu secara langusng Anda tinggal klik Restart Wall Sweep pada Ribbon Panel yang saya berikan kotak warna kuning pada gambar dibawah.

Sifat dari Wall Sweep iaitu dia akan meng-host dinding berapapun panjangnya sekalipun, jika Anda tidak ingin wall sweep menempel pada keseluruhan panjang dinding, Anda dapat click wall sweep lalu pada ujung panelnya, klik titik warna biru lalu tarik sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

Jika Anda berada dalam tampilan 3D, Anda dapat menambahkan wall sweep ke semua dinding luar dengan menggunakan View Cube untuk memutar tampilan.

 

Wall Reveal.

Reveal atau istilah di Indonesia disebut dengan tali air adalah gap (jarak) yang memisahkan bagian finishing tertentu yang sering Anda temukan pada batas frame pintu, skirting, ataupun pada dinding bagian depan pada suatu bangunan. Ukuran pun bervariasi ada yang 10×10 mm, 10×20 mm, 10×25 mm dan ada yang lebih lebar lagi. Di Revit Anda bisa membuatnya, ikuti langkah berikut:

Buka tampilan 3D atau Elevation View.

Click Architecture tab > Build panel > Wall drop-down >  (Wall: Reveal).

Pada Properties Panel > Edit Type > Construction > Profile. Ada beberapa profile bawaan dari Revit sendiri, tetapi jika ingin menambahkan jenis profile yang berbeda, Anda dapat membuat sendiri familynya dengan nama templatenya “Metric Profile”.

Untuk menempatkan reveal hampir sama dengan cara menempatkan wall sweep iaitu setelah Anda memilih wall reveal, letakkan kursor pada permukaan dinding lalu lihat dibawah contextual tab (Modify | Place Wall Reveal), pilih orientasi wall reveal Anda “Horizontal atau Vertical” lalu click untuk menempatkannya. Jika Anda ingin melanjutkan membuat wall reveal lebih dari satu secara langusng Anda tinggal click Restart Wall Reveal pada Ribbon Panel. Namun Anda coba perhatikan gambar dibawah ini, Reveal yang bawaan dari Revit dengan ukuran 152×152 mm, sedangkan dinding Anda saja ketebalannya kurang lebihnya hanya 140mm.

Nah bagaimana untuk mengatasi supaya Reveal maupun Sweep sesuai dengan keinginan Anda. Caranya dengan membuat family profile sendiri.

 

CARA MEMBUAT FAMILY REVEAL MENGGUNAKAN TEMPLATE METRIC PROFILE.

 

Click office button ( Menu File ) > New > Family >  Metric profile. 

Setelah Anda masuk pada lembar kerja Family Creator, click Family Category and Parameter yang ada pada Ribbon properties. Pada kotak dialog Family Category and Parameter > Family Parameter > Profile Usage pilihlah dari jenis value yang ada pada daftar. Pada latihan ini saya akan memilih Reveal. Ini adalah family yang sangat simple yang akan Anda buat.

Setelah parameter sudah Anda set, mulailah sekarang membuat profile dengan memilih tool Line yang ada dibawah Menu Create, lalu untuk draw Anda dapat memilih sendiri tools yang ada pada Draw Panel dibawah menu Modify|Place Line. Buatlah bentuk profile seperti pada gambar dibawah. Jika sudah selesai, Anda bisa menyimpannya atau langsung load into project.

Setelah Anda load into project, sekarang pilihlah / click Reveal yang sudah terpasang di dinding tersebut lalu pada Properties > Edit Type > Construction > Profile, lalu pilih family yang sudah Anda buat. Pada latihan ini family yang saya buat belum saya simpan sehingga nama defaultnya muncul family 1, jika sudah dipilih lalu click OK. Dan sekarang reveal Anda sudah berubah bentuknya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cukup sampai disini dulu semoga latihan ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi yang masih pemula. Jangan lupa Share ya gaaes.