Revit Architecture

Add Grid Lines

CARA MENAMBAHKAN GRID LINES.

Grid lines adalah elemen datum yang digunakan sebagai referensi atau guidelines untuk sebuah model bangunan. Pada dasarnya untuk menambahkan Grid hampir sama dengan menambahkan Level. Anda dapat menambahkan dengan cara line, pick line, selain itu Anda juga bisa menambahkan dengan menggunakan Arc 3 point dan Arc 2 point dan Multi- Segment Grid (Sketch ).
Untuk menempatkan grid lines:

  1. Pada ribbon, klik  (Grid).
    • Architecture tabDatum panel (Grid)
    • Structure tabDatum panel (Grid)
  2. Klik Modify | Place Grid tabDraw panel dan pilih sketch option. Gunakan (Line) maupun  (Pick Lines) untuk snap grid yang sudah ada. Optional, Anda juga bisa menambahkan Grid dengan (Multi-Segment).
Saat Anda menambahkan Grid Line pada drawing area, Revit secara otomatis memberi nomor pada setiap baris. Sebagai contoh, Anda menambahkan 5 baris grid vertikal, lalu saat Anda menambahkan baris pertama grid horizontal, nomor grid mengikuti dari baris grid yang vertikal ( 6 ).  Anda dapat mengubahnya dengan cara klik nomor didalam bubble grid, lalu Anda ganti dengan ( A ).
Gunakan control point di kedua ujung untuk menyesuaikan panjang Grid line. 
Klik simbol break kecil yang berdekatan dengan bubble grid untuk membengkokkan bubble jika diperlukan.

Edit Grid Lines.

Anda dapat meng-Customize Grid Lines sesuai selera.

Klik Grid Lines Properties Panel  Edit Type  pada dialog box  properties panel, Anda dapat mengubah Simbol, Center Segment defaultnya Continuous, Anda bisa pilih None jika menginginkan gap pada garis grid, pilih Custom jika menginginkan warna dan ketebalan garis yang berbeda antara Center Segment dengan End Segment dan Anda dapat menentukan Center Segment Pattern maupun End Segment Pattern. Lalu Anda dapat menambahkan Simbol pada kedua ujung Grid Lines.