TROUBLESHOOTING

How to Install Autodesk Revit

TIPS DAN TRIK CARA MENG-INSTALL AUTODESK REVIT.

Assalamualaikum dan salam sejahtera sobat Reviters semuanya. Seperti yang kami lihat di group facebook, banyak pengguna Revit yang masih baru kesulitan dalam mengatasi proses instalasi Revit. Kami memaklumi akan hal itu, bahkan kami sendiri pada waktu masih baru juga mengalami hal yang sama seperti apa yang sobat alami. Tapi sobat jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan sedikit pencerahan bagaimana cara install Revit dengan cara online dan dari mana sobat bisa mendapatkan software tersebut.

Jika sobat menggunakan Revit dengan tujuan untuk produktivitas atau proyek, maka sobat haruslah mendapatkan program Revit tersebut dengan cara membelinya dari reseller yang bisa dihubungi, atau jika sobat kesulitan untuk mencari kontak reseller tersebut, sobat bisa menghubungi kami. Dan jika sobat menggunakan program Revit dengan tujuan untuk belajar, maka kami menyarankan untuk mendapatkan program tersebut dengan men-downloadnya pada website resmi Autodesk, Autodesk memberikan 3 tahun lisensi edukasi gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tapi ingat!! Lisensi tersebut hanya diperuntukkan bagi kalian untuk edukasi, bukan untuk bekerja.

Dan yang perlu sobat garis bawahi, Komunitas Revit tidak meng-endorse user menggunakan program Revit dengan cara yang tidak lazim, misalnya kalian mendapatkan Revit dari situs yang bukan dari web resmi Autodesk. Baiklah, kembali lagi ke pokok masalah cara install program Revit. Yang pertama jika kalian menggunakan Revit dengan tujuan belajar maka kalian bisa men-downloadnya di https://www.autodesk.com/education/free-software/revit. Langkah pertama, buatlah Account Autodesk menggunakan e-mail aktif kalian dan isikan persyaratan-persyaratan lainnya sesuai dengan prosedur pada register form.

Ok, anggap saja proses registrasi dan konfirmasi pada email kalian udah kalian lakukan ya gaaes. Sekarang tentunya kalian sudah berada pada website Autodesk, pastikan kalian sign in dulu. Setelah sign in, kata sambutan dari Autodesk “”Welcome Sobat Semuanya””sudah dapat dilihat dan sekarang kalian bisa memilih Revit versi berapa yang kalian ingin download, tetapi sebelum kalian memutuskan untuk men-download versinya, ada baiknya kalian baca-baca dulu system requirementnya ya gaaes, dan sesuaikan dengan spek computer kalian. Pastikan operating system Windows 64-bit dan Bahasa juga harus kalian pilih. Setelah kalian pilih dari tiga kriteria tersebut, barulah serial number, product key dan besarnya file akan muncul di bawahnya. Oh ya gaaes, Revit for education hanya dapat diinstall dua kali saja pada computer kalian. Lebih dari dua kali biasanya lisensinya sudah tidak dapat digunakan lagi. Ok gaes, untuk yang pertama ini kami akan memberikan tips cara meng-INSTALL secara ONLINE.

Tahapan pertama sudah kalian selesaikan, sekarang kalian lihat ke bawah ada tulisan INSTALL NOW. Kalian buka symbol panah dalam lingkaran, dari situ kalian bisa memilih Install Now maupun Download Now. Tetapi kami merekomendasikan pilih saja Download Now.

Setelah file terdownload, kalian open  untuk meng-Extractnya sampai selesai. biasanya hanya sebentar saja seperti pada gambar dibawah ini.

Jika proses Extract sudah selesai, akan muncul seperti gambar dibawah ini. Mungkin kalian bertanya, berapa lama sih Install Revit itu? tergantung dari kecepatan internet dan spek komputer kalian.

Itu kenapa library yang ada di Revit kalian kosong,, ? karena kalian mengabaikan beberapa pilihan yang semestinya harus kalian pilih seperti pada gambar dibawah ini. 

Dari sekian banyak Content Pack, kalian cukup pilih satu saja US Metric. Jika kalian membutuhkan Content Pack dari negara lain, saya sarankan untuk download dari website Autodesk saja. Karena jika memilih lebih dari satu Content Pack, itu akan memakan waktu yang lumayan lama pada proses instalasinya. Lihat gambar di bawah.

Congratulations, You have succcessfully installed. Sekarang kalian bisa lihat pada gambar di bawah, semuanya sudah sukses terinstall semuanya. Kalian bisa cek juga di Disk C > Program Data > Autodesk > Revit 2018, cek Family Templates > English, cek Templates> US Metric, dan juga cek Libraries > US Metric. Jika kalian rasa Disk C sudah hampir penuh, kalian bisa memindahkan Folder Libraries pada Disk yang lainnya. Cukup sekian dulu, untuk Setup selanjutnya , semoga secepatnya kami bisa share lagi. Salam Sukses buat semuanya.