Revit Architecture

How to Insert a Door Into Curtain Wall And Detailing

Hello sahabat Reviters semuanya, sudah hampir dua minggu baru bisa upload artikel. Kali ini saya akan berbagi tutorial yang mana masih membahas seputar curtain wall. Tutorial kali ini, kalian akan belajar bagaimana meng-Embed pintu kedalam curtain wall. Siapkan curtain wall seperti pada gambar dibawah ini. Ukuran panel yang akan menjadi host pintu kalian sesuaikan sendiri lebar dan tingginya. Selanjutnya, click Insert > Load Family > Door.

Setelah family pintu sudah Anda load kedalam project, selanjutnya click panel yang akan menjadi host pintu, lalu pada  properties > type selector, pilihlah pintu yang sudah kalian load tersebut. Sekarang Anda bisa melihat pintu secara otomatis sudah me-Replace pada curtain panel. Sangat mudah bukan ?

Pada latihan sebelumnya Anda sudah mengerjakan step by step cara membuat curtain wall hingga menempatkan pintu. Latihan selanjutnya yang akan kita bahas dibawah iaitu cara mendetailkan curtain wall.

DETAILING CURTAIN WALL.

Ada beberapa cara untuk mendetailkan suatu element di Revit, bisa langsung membuatnya pada Drafting View dan bisa juga dengan membuat Family pada template Detail item atau Detail Component. Kali ini saya akan mencoba untuk membuat Family detail Curtain Wall menggunakan template Detail item.

Langkah pertama iaitu, buka Menu File >  New > Family > Detail Item.

Langkah kedua, jika template sudah terbuka, click Insert > Import Cad, untuk latihan ini saya menggunakan referensi file block DWG. Click gambar untuk memperbesar.

Gambar dibawah menunjukkan file CAD sudah masuk kedalam drawing area. 

Langkah ketiga, buatlah garis-garis yang akan menjadi guidelines dalam pemodelan family kalian iaitu dengan menekan Menu > Create > Reference Plane persis seperti gambar dibawah. Pada Gambar sebelah Kanan, tambahkan Dimensi seperti pada nomor 1 – 2 – 3 – 4 – 5. Lalu pada dimensi nomor 5 click EQ ( Equal ).

Langkah keempat iaitu membuat beberapa parameter dengan meng-click Family Types pada Ribbon Panel Properties ditunjukan dengan angka 1, lalu click New Parameter ditunjukan dengan angka 2. Pada kotak dialog Parameter Properties > Parameter Data.

  1. Name = Glass Length. 
  2. Diciplines = Common.
  3. Type Of Parameter= Length.
  4. Group Parameter Under =  Dimensions.
  5. Instance Parameter.
Untuk parameter yang kedua iaitu Glass Thickness, Silahkan dicoba sendiri dengan mengikuti cara pertama. Jika Anda sudah mengisi data pada kotak dialog diatas, maka hasilnya terlihat seperti pada gambar bawah kanan.

Langkah kelima, click dimensi 25mm lalu ubahlah menjadi parameter Glass Length 25 yang sudah kalian buat dengan memilih pada daftar Label. Lakukan juga dengan dimensi lebar 6mm dan gantikan dengan parameter Glass Thickness=6. Jangan lupa juga click dimensi 49 lalu kunci.

Parameter Family Detailing Curtain Wall

Langkah keenam, tambahkan Masking Region dengan memilih <Invisible Line> pada daftar subcategory, dan pastikan line 1 kalian kunci. jika sudah, click Finish Edit Mode untuk mengakhiri perintah.

Langkah ketujuh,  Tracing gambar CAD Anda dengan menggunakan tool Line > gunakan PickLine untuk mempercepat proses kalian dengan mengarahkan kursor diatas garis lalu tekan TAB pada keyboard. Setelah tracing semuanya sudah komplit, file cad bisa kalian hapus.

Langkah kedelapan, Tambahkan Filled Region dengan memilih <Invisible Line> pada daftar Subcategory. Kemudian pada Properties > Edit type > Duplicate.

  • Berikan nama  Detail Glazing Vertical.
  • Foreground Fill Pattern= [Drafting]
  • Foreground Pattern Color= White
  • Click OK.

Sketch seperti gambar dibawah, dan pastikan semua boundary lines kalian kunci, cara menguncinya, pertama kalian click Align tool dibawah menu Modify, lalu kedua click Reference plane dan selanjutnya click linenya, bersamaan dengan ini juga, icon Lock muncul lalu kalian click untuk menguncinya.

Langkah kesembilan, tambahkan Filled Region dengan memilih <Invisible Line> pada daftar Subcategory seperti pada gambar dibawah. Lalu pada Properties > Tekan Edit Type > Duplicate.

  • Berikan nama  Detail Solid Fill Gray.
  • Foreground Fill Pattern= [Drafting]
  • Foreground Pattern Color= Gray
  • Click OK.

Sebelum Anda menyimpan, ketik VG (Visibility Graphics) pada keyboard, click Annotation Categories dan Uncheck  show annotation categories in this view supaya family terlihat rapi. Siapkan Project baru dan silahkan load family untuk testing pertama. 

Jika Anda aplikasikan, hasilnya akan seperti gambar dibawah. Kalian dapat membuat detailing seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan Drafting View, tetapi selain Anda membuat detail item seperti family yang baru Anda buat tadi pada drafting view, kalian juga harus menggambar ulang main model seperti dinding dengan menggunakan detail line. Tetapi jika Anda menggunakan family seperti ini, cukup kalian buat Callout lalu tempatkan family tersebut pada curtain wall. Jika ada perubahan lebih mudah untuk dihandle. Semua tergantung kondisi dari suatu pekerjaan. sekian dulu dari saya, jika ada kekurangan mohon maaf yang sebesar- besarnya. Salama Sukses KRI.

Silahkan Download File DWG Detail Item Curtain Wall di sini> Download