Revit Architecture

Curtain Walls in Revit

Belajar dan Memahami Curtain Wall di Revit.

Curtain wall  seperti dinding dasar dan tersedia di type selector  saat tool Dinding diaktifkan. Ia memiliki top constraints dan bottom constraints, dapat di-attach ke atap atau reference plane, memiliki profil ketinggian yang dapat diedit, dan dijadwalkan sebagai jenis dinding. Ketika curtain wall dipilih dalam model, definisi curtain wall  keseluruhan ditampilkan sebagai garis putus-putus dengan ekstensi di kedua ujung segmen. Garis putus-putus dari definisi curtain wall keseluruhan mewakili location line dinding. Location line curtain wall juga menentukan ukuran area ruangan. Bahkan jika opsi Komputasi Area Kamar diatur ke Wall Finish, area kamar akan diukur dari location line curtain wall. Jadi, bagaimana Anda menyesuaikan location line curtain wall ? Hal ini dilakukan dengan memodifikasi offset pada mullion dan panel yang Anda tetapkan untuk curtain wall atau curtain system. Proses ini akan dibahas pada bagian “Customizing Curtain Wall Types”  pada artikel selanjutnya.

Curtain Wall di Revit tidak hanya dapat digunakan sebagai dinding saja, namun juga dapat digunakan sebagai dinding dengan pola yang kompleks, panel pada railing, dan bahkan Anda dapat membuat casework dengan menggunakan tool curtain wall. Defaultnya terdapat 3 Jenis Curtain Wall di Revit yang akan memberikan tingkat kompleksitas yang akan Anda gunakan.

  1. Curtain Wall -tidak memiliki grid atau mullions. Tidak ada aturan yang terkait dengan jenis dinding. Jenis dinding ini disebut juga dengan Single Panel.
  2. Exterior Glazing – memiliki preset grid. Aturan grid dapat diubah sesuai kebutuhan. Jenis ini disebut juga dengan Segment Panel.
  3. Storefront – memiliki preset grids dan mullions. Grid dan mullion aturan dapat diubah sesuai kebutuhan.

1: MEMAHAMI HIRARKI PADA CURTAIN WALL.

Curtain Wall adalah kumpulan dari system family dinding yang ada di Revit, sama halnya dengan dinding yang lainnya, ia merupakan sistem family  yang berarti Anda tidak dapat menambahkan atau menghapusnya, namun Anda dapat mengubah/ meng-Edit elementnya. Curtain wall merupakan family yang terdiri dari beberapa element seperti pada diagram dibawah.

 

A-  CURTAIN PANEL

Curtain panel adalah rectangular element yang terletak di antara masing-masing curtain grid.

B- CURTAIN GRIDS

Curtain grid digunakan untuk meletakkan kisi-kisi (grid), mendefinisikan pembagian fisik curtain wall yang nantinya akan menjadi path  (jalur) untuk menempatkan mullion. Anda dapat meletakkan grid secara bebas sebagai kombinasi segmen horisontal dan vertikal secara manual atau Anda dapat menentukannya pada type properties pada interval jarak. Gambar dibawah menunjukkan tata letak curtain wall yang dirancang secara bebas sebagai contoh.

C- MULLIONS

Mullion Ini mewakili profile struktural pada façade kaca, Mullion dapat berbentuk vertikal atau horizontal dan dapat disesuaikan dengan bentuk apa pun berdasarkan family profilenya.

Untuk menambahkan  Curtain Wall, tambahkan Architectural Wall dan pilih Curtain Wall pada Type Selector.

  1.  Buka tampilan denah atau tampilan 3D.
  2. Click  (Wall: Architectural)
  3. Pilih Curtain Wall dari Type Selector – drop down.
  4. Buat Curtain Wall yang kosong yang tidak menggunakan automatic constraints atau automatic mullion seperti pada gambar dibawah dengan memilih Sketch line pada Ribbon Panel Draw dibawah Modify | Place Wall.
Pada latihan ini Anda akan membuat Curtain Wall dengan menempatkan Curtain Grid secara manual. 
 TAMBAHKAN CURTAIN GRID: Pilih tool curtain grid dibawah tab architecture. tempatkan cursor Anda pada muka curtain wall kemudian  click untuk menambahkan curtain grid. Ubah dimensi dengan memilih curtain grid lalu masukkan nilai.

 TAMBAHKAN MULLION: Pilih tool mullion dibawah tab architecture.  Setelah itu lihat  di Ribbon Panel Placement dibawah modify | Place Mullion atau disebut juga dengan contextual tab

Ada 3 pilihan untuk menambahkan mullion:

  1.  GRID LINE:  Anda dapat menambahkan mullion dengan cara pertama, secara default  ketika Anda menambahkan dengan cara ini, maka ia akan secara otomatis menambahkan  mullion pada curtain grid yang Anda pilih berapapun panjangnya.
  2.  GRIDLINE SEGMENT: Menambahkan mullion per-segment pada setiap panjang atau tinggi curtain panel.
  3.  ALL GRID LINES: Menambahkan mullion secara otomatis pada keseluruhan curtain grid yang tersedia.