Revit Architecture

Create an Automatic Curtain Wall

CARA MENAMBAHKAN CURTAIN GRID DAN MULLION SECARA OTOMATIS PADA CURTAIN WALL.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara membuat curtain wall dengan menambahkan curtain grid dan mullion secara manual dan pastinya Anda sudah mempraktekannya. Pada artikel yang sekarang ini, saya akan mencoba membahas bagaimana membuat curtain wall, slope glazing atau curtain system dengan menambahkan curtain grid dan mullion secara otomatis dengan menentukan layout pada type properties.

Untuk membuat curtain wall dan menempatkan curtain grid serta mullion secara otomatis, tambahkan architectural wall dan pilih jenis curtain wall dari type selector.

  1. Buka tampilan denah atau dari tampilan 3D.
  2.  Click  (Wall: Architectural).
  3. Pilih curtain wall dari type selector.

Anda dapat membuat curtain wall dengan panjang berapapun. 

MENAMBAHKAN DIMENSI CURTAIN GRID.
Pilih curtain wall dan click Edit Type pada properties panel. Atur layout dan spacing untuk vertical dan horizontal grid. Pilih  Maximum Spacing layout untuk membagi jarak yang sama pada tiap-tiap panel. Pilih Fixed Distance untuk mengatur spesifik jarak interior grid (Lihat Gambar).

MENAMBAHKAN MULLION.

Pada type properties, scroll kebawah dan pilih Vertical atau Horizontal pada kategori mullion. Tambahkan jenis mullion pada masing-masing kategori. Border 1 adalah urutan dimana mullion letaknya di Kiri/ Bawah, sedangkan Border 2 adalah letaknya di Kanan/ Atas (Lihat Gambar dibawah).

Note: Anda tidak dapat mengubah jarak curtain grid/ mullion dengan cara memasukkan nilai pada value dimension atau dengan cara menggesernya pada metode pembuatan Curtain Wall secara Otomatis. Jika Anda ingin membuatnya independen pilih curtain grid dan pada Properties Palette, di bawah Other, pilih Independent pada Type Association. Atau, Anda dapat memilih grid, lalu click (buka) pin yang ditampilkan. 

EMBED CURTAIN WALL KE DALAM SOLID WALL.

Anda dapat menanamkan (Embed) Curtain Wall ke dinding dasar (Basic Wall) atau sebaliknya.

  1. Buatlah sketsa dinding jenis apapun pada drawing area Anda, pada latihan ini saya menggunakan basic wall 200mm saya mengatur ketinggian 4000mm sebagai hostnya.
  2. Pilih curtain wall yang akan di-Embed ke dalam dinding dasar, untuk ketinggian, saya mengaturnya dengan membuatnya lebih rendah 1500mm dari dinding dasar/ hostnya. Pastikan panjang dan tinggi dinding yang akan di-Embed lebih kecil dari dinding host.
  3. Revit akan mengeluarkan peringatan dan menyarankan Anda untuk menggunakan Cut Geometry Tool, (abaikan). 

Secara default, Curtain Wall yang sudah di-Embed tidak dapat memotong geometry dinding dasar /host secara otomatis. ikuti langkah berikut:

  1. Click curtain wall seperti tampak pada gambar dibawah.
  2.  Jika Anda merasa susah untuk memilih curtain wall yang tertanam di dinding host karena tidak terlihat, ubahlah Visual Style menjadi Wireframe.
  3. Curtain wall sudah Anda pilih lalu click Edit Type pada Properties Palette.
  4.  Pada Type Properties dibawah parameter Construction, centang pada daftar Automatically Embed.
Dengan cara lain yang lebih praktis, setelah memilih Curtain Wall, lalu click Edit Type> pada Type Properties> Construction> centang Automatically Embed. Saya memberikan dua cara supaya Anda yang masih baru belajar dapat memahami kedua cara tersebut.

CARA MENGGANTI GLASS PANEL DENGAN ELEMENT YANG BERBEDA.

Jika Anda ingin merubah beberapa panel dengan element yang berbeda ikuti langkah berikut:

  1.  Arahkan kursor ditepi / boundary panel lalu tekan TAB sampai panel terseleksi lalu click.
  2. Pilih jenis panel pada type selector yang diinginkan.
Hasil tiga panel yang sudah diubah menggunakan element yang berbeda. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri dan selamat mencoba.